Jumat, 17 Desember 2010

program kerja Dep Pengabdian masyarakat Bem kbm IT Telkom 2010

A. DEPARTEMEN PENGABDIAN MASYARAKAT
Departemen Pengabdian Masyarakat adalah salah satu Departemen yang yang bergerak di bidang eksternal, ini adalah salah satu perpanjangan tangan dari mahasiswa yang harapannya bisa mensinergikan mahasiswa untuk semakin dekat dengan masyarakat, untuk semakin memahami bahwa salah satu tujuan kita kulyah adalah untuk mencari ilmu dan mengaplikasikan ilmu yang telah kita dapat kepada masyarakat. Selain perpajangan tangan, Departemen ini juga memiliki peran untuk memberdayakan masyarakat, dan untuk mewujudkannya tentu saja kita membutuhkan sinergi dengan mahasiswa secara umum.
Dalam melaksanakan tugasnya, kami memiliki squad yang insyaAllah akan berjuang dalam sebuah gerakan pengabdi masyarakat:

Menteri : Muhammad Catur Saifudin (611080005)
Staf : Andri Mardi (112081081)
Angga Gumilang (112080191)
Condro Aji (111080253)
Dinda Utami (112080199)
Imron Nurcholis (116080075)
Muhammad Fadhil (111080150)
Nova (111080281)
Yanuar DN (116080054)

B. Tujuan Umum
Selama kepengurusan ini, insyaAllah kami memiliki beberapa konsern, yaitu:
• Peran serta mahasiswa dalam program-program pemberdayaan masyarakat semakin naik
• Meningkatnya kerjasama dengan berbagai organisasi non politik luar KBM
• Meningkatnya kepekaan terkait isu-isu eksternal, misal banjir
• Sinergi KBM dalam upaya pemberdayaan masyarakat semakin mantap
• Adanya penerapan aplikasi disiplin ilmu dalam upaya pemberdayaan masyarakat

C. Deskripsi Kerja
1. Meningkatkan peran serta aktif mahasiswa dalam dunia kemasyarakatan.
2. Memaksimalkan kerja sama dengan organisasi kepemudaan yang ada di masyarakat.
3. Menjalankan fungsi sosial kemasyarakatan.
4. Membina hubungan dengan NGO yang berhubungan kemasyarakatan.

D. PROGRAM-PROGRAM KERJA
1. Riset Untuk Sesama(RiSma)
a. Latar Belakang
Departemen Pengabdian Masyarakat berusaha mesinergikan ketiga hal tersebut dengan mengadakan suatu penelitian. Penelitian yang tentunya diharapkan dapat memberikan banyak manfaat, utamanya dari segi pendidikan. Ini sekaligus untuk mengurangi suatu anggapan bahwa belajar hanya untuk mencari pekerjaan. Padahal, sesungguhnya pembelajaran itu dimaksudkan untuk menghasilkan suatu karya yang nantinya dapat mempermudah dan memberikan nilai efektivitas serta efisiensi dari kegiatan masyarakat yang lebih produktif.
b. Tujuan
 Pengaplikasian disiplin ilmu untuk kesejahteraan masyarakat.
 Mensinegikan pihak rektorat, mahasiswa (khusunya yang aktif di lab), dan masyarakat luar kampus.
 Memberikan pemahaman tentang pengerjaan yang efektif dan efisien kepada masyarakat.

c. Sasaran
Masyarakat luas, tidak tertutup di sekitar kampus
d. Waktu dan Tempat
Selama kepengurusan
e. Penanggung Jawab
Yanuar Dwi Nurcahyo NIM : 116080054
f. Indikator Keberhasilan
Setiap semester terdapat satu riset yang sedang dikerjakan.
g. Anggaran
Operasional dan peralatan Rp 10.000.000,-

2. Silaturahmi Masyarakat, Mahasiswa dan Rektorat
a. Latar Belakang
Unsur yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Salah satu fungsi yang seringkali kurang tersentuh oleh elemen kampus adalah menjalin hubungan baik antara mahasiswa, rektorat, dan masyarakat sekitar IT Telkom. Oleh karena itu, Departemen Pengabdian Masyarakat ingin mengadakan suatu kegiatan silaturahmi. Hal ini juga didasari karena kurangnya kesadaran untuk membina hubungan baik antar sesama. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa dan rektorat dengan warga sekitar kampus. Dan juga dalam kegiatan ini akan dibahas masalah tentang peraturan kosan antara mahswiswa, rektorat, dan masyarakat setempat.
b. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah:
 Mengenalkan BEM KBM 2010 kepada masyarakat
 Mempererat silaturahmi antar mahasiswa, rektorat dengan masyarakat sekitar kampus
c. Sasaran
Mahasiswa, rektorat dengan masyarakat sekitar kampus.
d. Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal : Sabtu/6 Maret 2010
Waktu : 19.00 WIB
Tempat : Gedung B lantai satu
e. Penanggung Jawab
Imron Nur Kholis NIM : 116080075
f. Indikator Keberhasilan
Terlaksananya kegiatan dan yang menghadiri silaturahmi mencapai perwakilan rektorat minimal 1 orang, RW dan warga sekitar sebanyak 20 orang dan 30 orang untuk mahasiswa.
g. Anggaran
Snack : 80 x Rp 3000,- : Rp 240.000,-

3. Badan Tanggap Bencana
a. Latar Belakang
Banyaknya bencana alam yang terjadi di Indonesia,khususnya di kabupaten bandung, maka pembentukan suatu tim yang khusus untuk terjun langsung dalam penanggulana bencana adalah solusi yang sangat tepat. Agar seluruhnya lebih terkoordinir. Untuk membentuk suatu tim yang khusus menanggapi bencana, maka di dibentuk suatu badan yang akan membentuk tim tersebut yang disebut BADAN TANGGAP BENCANA yang diinisiasi dari kerja sama antara BEM, ASTACALA, dan KSR, dan dalam badan tersebut bisa mengajak organisasi lain atau mahasiswa umum.
b. Tujuan
• Membentuk tim telatih yang dapat langsung terjun menolong ke daerah bencana.
• Bisa lebih sigap ketika ada bencana terjadi
c. Penanggung Jawab
Muhamad Fadil Al-Anwary 111080150
d. Sasaran
Seluruh Mahasiswa IT Telkom
e. Waktu dan Tempat
Batas Maksimal pembentukan Badan Tanggap Bencana adalah akhir bulan maret.
f. Indikator Keberhasilan
Indikator dari keberhasilan ini adalah terbentuknya badan yang terlatih untuk tanggap terhadap bencana dan minimal anggota dari badan tersebut adalah 20 orang.
g. Anggaran
Pelatihan Rp 1.000.000,

4. Istana Ilmu(Ismu)
a. Latar Belakang
Pada masa sekarang ini salah satu hal yang harus diperhatikan dalam masalah masyarakat Indonesia adalah masalah pendidikan. Pendidikan anak-anak Indonesia pada saat ini dirasakan masih sangat kurang, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ekonomi dan kurangnya minat belajar. Oleh karena itu, Departemen Pengabdian Masyarakat akan mengadakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut dalam bentuk pembuatan sebuah program “Istana Ilmu”. Dengan adanya program ini diharapkan dapat menunjang/memfasilitasi dan memberikan minat yang lebih kepada masyarakat untuk belajar terutama bagi masyarakat yang kurang mampu namun memiliki minat belajar yang sangat kuat. Selain itu pembuatan Istana Ilmu ini dikarenakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak Indonesia, karena dengan banyak belajar maka anak-anak akan mendapatkan lebih banyak ilmu dan informasi yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini juga didasari karena masih kurangnya interaksi antar mahasiswa dengan masyarakat dalam bidang pendidikan dan melihat kualitas dari pendidikan masyarakat di sekitar kampus IT Telkom yang masih kurang.
b. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah :
1. Meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat
2. Membantu memperbaiki kualitas pendidikan dengan menciptakan masyarakat yang memiliki minat baca yang tinggi
3. Memfasilitasi masyarakat yang kurang mampu namun memiliki minat baca yang tinggi
4. Memberikan penanaman karakter pada anak-anak
c. Sasaran
SD Sukabirus, Lengkong, Dayeuhkolot
d. Waktu dan tempat
Mulai 28 Maret hingga akhir kepengurusan dan berlokasi di Sukabirus
e. Penanggung jawab
-Angga Gumilang 112080191
-Nova Rizqiana Dewi 111080281
f. Indikator keberhasilan
Terlaksananya kegiatan ini dan banyaknya masyarakat yang berkunjung di Griya Baca
g. Anggaran
tempat, logistik, dll Rp 8.000.000,

5. Mahasiswa Peduli Lingkungan
a. Latar Belakang
Sebagai salah satu elemen dari masyarakat,mahasiswa merupakan agen penggerak dalam melakukan tindakan atau perubahan yang berarti. Selain itu, setelah melihat berbagai kondisi sungai cikapundung yang sangat kotor dan kondisi yang cukup menyedihkan dengan adanya sampah yang dibuang sembarangan khususnya di dekat gang akil. Oleh karena itu Departemen Pengabdian Masyarakat mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan .Program ini dilaksanakan sebagai dasar bentuk kesadaran dan aksi nyata setiap elemen masyarakat khususnya mahasiswa IT Telkom dan masyarakat sekitar.
b. Tujuan
• Menggerakan mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk peduli lingkungan
• Mengurangi resiko banjir dan penumpukan sampah
c. Sasaran
• Mahasiswa IT Telkom
• Warga sekitar yang terutama RW 1&2 PGA ,RW 8,13,15 Sukabirus
• Tenaga Sukarela dari pihak luar
d. Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2010, tempatnya di daerah IT Telkom
e. Penanggung Jawab
Condro Aji P NIM 111080253
f. Indikator Keberhasilan
• Kegiatan tergerak oleh sekitar 50 mahasiswa dan sekitar 50 warga setempat-pihak lain .
• Kondisi sungai menjadi relative lebih bersih dan sehat
g. Anggaran
Konsumsi Rp 200.000
Logistik Rp 500.000

7. Desa Binaan
a. Latar Belakang
Salah satu unsur yang terkandung dalam tri dharma pendidikan adalah pengabdian masyarakat yang berarti mahasiswa yang berada dalam jenjang pendidikan seharusnya bisa menghasilkan dan mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya untuk dapat dimanfaatkan dalam dunia nyata khususnya kepada masyarakat. Dan ini berarti Mahasiswa yang memiliki kelebihan dibidang intelektualitas harus bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada masyarakat , sebagai pertanda pengabdiannya kepada masyarakatnya, bangsa dan negaranya sebagai seorang mahasiswa yang merupakan generasi muda penerus bangsa.
Maka, kami segenap BEM IT TELKOM, berniat menyelenggarakan program “Desa Binaan” yang berisi kegiatan-kegiatan dengan tujuan untuk menunjang kemandirian, melatih serta memberikan pengetahuan kepada segenap masyarakat beberapa RW di seputaran kampus IT Telkom d berbagai bidang kehidupan, meliputi bidang Agama, pendidikan, dan Kesehatan, dengan demikian nantinya akan tercipta sebuah hubungan langsung yang baik dan berkesinambungan antara mahasiwa IT Telkom dengan masyarakat di sekitar kampus IT Telkom.
b. Tujuan
• Menjadikan desa binaan sebagai sarana untuk menciptakan sebuah kepedulian mahasiswa keda masyarakat di sekitarya.
• Menjaring serta mengajak pemuda-pemuda yang ada dalam masyarakat untuk lebih mengembangkan potensinya serta kreativitasnya.
• Menjadikan kegiatan desa binaan sebagai alat pembinanaan yang terstruktur untuk mewujudkan kemandirian masyarakat.
• Menjadikan desa binaan menjadi sarana yang memberikan pengetahuan dan akses informasi bagi masyarakat untuk berbagai bidang kehidupan
• Menjadikan Desa Binaan untuk membantu dan meningkatkan kondisi sosial ekonomi warga.
a. Sasaran
Masyarakat desa citeureup dan palasari Kec.Dayehkolot, Kab. Bandung.
b. Waktu
September hingga akhir keengurusan BEM 2010
c. Penanggung Jawab
Andri Mardi
d. Indikator Keberhasilan
Apabila 60% kegiatan Desa Binaan berhasil dilaksanakan sesuai dengan indikator keberhasilan masing-masing.
e. Anggaran
Logistik, acara, dll Rp 10.000.000,

6a. Buka Bersama
a. Latar Belakang
Setiap tahunnya masyrakat muslim melaksanakan ibadah bulan Ramadhan yang setiap harinya melaksanakan ibadah puasa pada siang harinya dan berbuka puasa menjelang matahari terbenam. Oleh karena itu, Departemen Pengabdian Masyarakat ingin mengadakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan ibadah bulan Ramadhan yang akan dilaksanakan bersama-sama masyarakat yaitu acara Buka Bersama. Hal tersebut diadakan agar tercipta interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi diantara keduanya. Selain itu, untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiwa kepada anak-anak yatim piatu dan orang-orang yang kurang mampu.
b. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah :
1. Mempererat silahturahmi antara mahasiswa dengan masyarakat
2. Mahasiswa dapat berbagi dengan masyarakat kurang mampu dan anak-anak yatim piatu
3. Agar lebih mengenal satu sama lain antara masyarakat, staf pekerja di IT Telkom serta mahasiswa IT Telkom
c. Sasaran
Masyarakat di sekitar kampus IT Telkom, staf pekerja IT Telkom seperti : CS, Satpam, Mahasiswa, anak-anak panti asuhan.
d. Waktu dan Tempat
Sekitar tanggal 27 Agustus dan berlokasi di sekitar kampus IT Telkom dan panti asuhan.
e. Penanggung Jawab
Dinda Utami 112080199
f. Indikator Keberhasilan
1.Acara ini diikuti 80 orang dari masyarakat sekitar IT Telkom
g. Anggaran
konsumsi, acara, dll Rp 1.500.000

6b. Silaturahmi Masyarakat, Mahasiswa dan Rektorat
a. Latar Belakang
Unsur yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Salah satu fungsi yang seringkali kurang tersentuh oleh elemen kampus adalah menjalin hubungan baik antara mahasiswa dan karyawan IT Telkom, khususnya cleaning service dan satpam. Oleh karena itu, Departemen Pengabdian Masyarakat ingin mengadakan suatu kegiatan silaturahmi. Hal ini juga didasari karena kurangnya kesadaran untuk membina hubungan baik antar sesama.
b. sTujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah:
 Mengenalkan BEM KBM 2010 kepada karyawan, khususnya CS dan satpam
 Mempererat silaturahmi antar mahasiswa dengan cs dan satpam
c. Sasaran
Mahasiswa dengan cs dan satpam
d. Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal : Rabu, 26 Mei 2010
Waktu : 16.00 WIB
Tempat : Student hall
e. Penanggung Jawab
Condro Aji 111080253
f. Indikator Keberhasilan
Terlaksananya kegiatan dan yang menghadiri silaturahmi mencapai 20 orang untuk CS dan satpam dan 20 orang untuk mahasiswa.
g. Anggaran
konsumsi 50 x Rp 3000,- : Rp 150.000,-

E. Timeline
F. Penutup
Di akhir, semoga apa yang kami cita-citakan bisa terealisasi dengan baik sehingga momen kolaborasi bisa benar-benar terwujud. Dan semoga Allah SWT meridhoi sehingga ini semua bisa bermanfat untuk Indonesia, khususnya untuk masyarakat, dan civitas akademik, amin.. Mari terus berjuang untuk mewujudkan Indonesia mandiri!
Terus Bersinergi Terus Menginspirasi!
Salam Gerakan Pengabdi Masyarakat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar