Jumat, 27 Juni 2014

Reseller Donat Beda dan Kreatif


      Kali ini saya akan mencoba untuk berbagi tentang pengalaman saya menjadi reseller donat pada tahun 2011, saya yang saat itu sedang tidak banyak kesibukan mencoba mencari tambahan uang jajan dengan cara menjadi reseller donat dikampus. Sesuai dengan kemampuan, saya menjual 5 kotak setiap harinya dan keuntungan setiap harinya juga cukup besar berkisar Rp. 50.000,- dari penjualan 5 kotak itu. Kotak donat ini saya jual dikampus dan tempat kosan, tetapi karena pertimbangan lebih cepat habis, saya memilih menjual dikampus saja. Sebenarnya selain untuk menambah uang jajan dan memanfaatkan waktu, niat saya berjualan juga agar tidak tidur lagi setelah sholat Subuh karena setiap jam 5.30 pagi saya keluar kosan untuk mengambil donat dan menaruh di tempat-tempat strategis.
      Ada beberapa hal yang saya lakukan saat itu, jika reseller donat yang lain hanya menjual saja tetapi saya memberi differensiasi pada produk donat saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah memberi nama donat saya yang ditempel di kotak donat, sehingga orang yang akan membeli tahu nama merk donat saya, saat itu diberi nama “Donat 4 U” dan untuk semakin menarik saya memberi tagline, “GANTENGKAN DIRI DENGAN MAKAN DONAT INI!” ini logonya:
Logo Donat 4 U

      Ini mungkin yang memang menjadi ciri khas saya, yaitu mencoba memberikan nilai pada setiap yang dilakukan, termasuk ketika menjual donat ini. Saya memberikan kata-kata “motivasi hari ini” pada setiap kotak donat, dan kata-kata dipergilirkan di setiap tempat, sehingga kata-kata itu terlihat baru setiap harinya, bahkan ada pula yang menjadikan kata-kata sebagai status Facebook. Ini beberapa kata-kata motivasi yang saya tempel di Kotak Donat 4 U. 
Kata Motivasi

Logo Motivasi

   Saya melakukan hal ini selama 2bulan, karena sudah tidak boleh menjual donat di gedung kuliah dan karena kesibukan pengerjaan Proyek Akhir saya memutuskan untuk tidak menjual donat lagi dan fokus pada pengerjaan itu.

            Semoga Bermanfaat! :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar