Sabtu, 15 Januari 2011

Islam, Pemuda dan Perubahan



Pemuda merupakan sosok manusia yang memiliki semangat yang sangat tinggi dan merupakan generasi penerus bangsa. Hampir di setiap negara, peran mahasiswa sangat signifikan dalam melakukan gerakan – gerakan perubahan demi kemajuan bangsanya. Mereka senantiasa mengoreksi pemerintah ketika terdapat kebijakan – kebijakan yang diturunkan tidak berpihak kepada masyarakat. Pemuda, khususnya para mahasiswa, mereka adalah para muda yang memilki tingkat intelektual yang tinggi dan berkesempatan untuk menempuh pendidikan lebih lanjut. Kampus yang menjadi tempat para mahasiswa menimba ilmu juga merupakan tempat bagi mahasiswa untuk mengasah tingkat ideologi mereka, tingkat kepekaan serta menjadi pribadi – pribadi yang terus berusaha untuk menciptakan suatu hal yang terbaik bagi bangsa ini. Berawal dari sinilah maka terbentuk para pemuda yang sangat kritis dalam menanggapi permasalahan – permasalahan yang ada di bangsa ini. Ketika mereka menyuarakan aspirasi rakyat kepada pemerintah tidak serta merta pemerintah pun langsung menanggapinya, bahkan tidak mustahil para mahasiswa malah mendapatkan serangan balik dari pemerintah. Dalam Islam, ketika kita melihat kemungkaran maka cegahlah dengan perbuatan. Jika tidak sanggup maka cegahlah dengan lisan dan jika tidak sanggup juga maka ingkarilah dengan lisan. Puncak perjuangan teringgi adalah ketika kita meyuarakan kebenaran didepan pemerintah yang dzalim.
Islam, pemuda dan perubahan, ketiganya mempunyai keterkaitan yang sulit untuk dipisahkan. Tatkala seorang pemuda yang dalam kesehariannya menerapkan prinsip – prisnip Islam maka jiwa – jiwa inilah yang senantiasa tergerak dan terpanggil untuk melakukan suatu perubahan. “Beramar ma’ruf nahyi munkar”, melakukan kebaikan dan mencegah yang buruk..
Pemuda dan perubahan masyarakat
• Setiap bangsa memiliki gambaran tentang masa depan yang ingin dicapainya.
• Harapan-harapan itu diharapkan dapat diwujudkan oleh negara yang dibentuk oleh bangsa itu.
• Namun dalam perjalanannya, negara tidak dapat menjalankan peran itu sendirian.
• Pemuda sebagai salah satu pusat perubahan alternatif sering kali menjadi tumpuan harapan alternatif, bila peran perubahan yang seharusnya diemban oleh negara terkendala oleh berbagai hal.
Karakteristik Pemuda
Berdasarkan letaknya yang berada diantara akhir masa remaja sampai akhir dewasa awal, maka pemuda memiliki ciri-ciri yang secara positif dan negatif disatukan sebagai berikut :
1. Kemampuan koginitifnya sudah penuh, hal ini tercermin dari kemampuan pemuda dalam mengetahui dan memahami suatu persoalan yang pada akhirnya dapat membentuk sikap pemuda terhadap permasalahan yang dihadapinya
2. Kematangan emosional, bahwa pemuda dengan dilandasi kemampuan berpikirnya dapat mengendalikan dan menempatkan emosinya dalam menghadapi permasalahan.
3. Fungsi reproduksinya meningkat, sejalan dengan perkembangan biologis seorang pemuda adalah kelompok manusia yang lebih siap untuk menikah dan memiliki keturunan.
4. Banyak masalah, bahwa pemuda memang kaya akan ide-ide, dan ide ini sendiri dilandasi oleh nilai-nilai ideal. Namun tidak semua ide dan keinginan tersebut dapat terwujud karena kondisi di masyarakat sulit sekali mewujudkan nilai ideal tersebut.
5. Keterasingan sosial, kemampuannya untuk berpikir ideal dan tidak memihak acapkali mendorong pemuda pada keadaan yang terasing dari lingkungan sosial.
6. Rasa tanggungjawab yang tinggi, hal ini dilandasi keinginan untuk mewujudkan segala sesuatu yang menjadi keinginannya. Akibatnya segala sesuatu yang dikerjakan, dilakukannya secara bertanggungjawab.
7. Kreatif dan inovatif, hal ini berkaitan dengan penciptaan ide-ide atau pemikiran-pemikiran yang berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi.
8. Ketergantungan dengan generasi yang lebih tua, hal ini dilandasi kenyataan pemuda itu masih kurang akan pengalaman dan pengalaman itu adanya pada generasi yang lebih tua


Pemuda dan perannya dalam rekonstruksi ideologi sebuah bangsa
• Eksistensi sebuah negara bangsa tidaklah lepas dari ideologi yang melatarbelakangi-nya.
• Pada masa-masa awal rekonstruksi setiap ideologi biasanya dibutuhkan para pemuda.
• Berikut ini adalah berbagai kasus tentang peran para pemuda sebagai pelopor bagi rekonstruksi sebuah ideologi.
Perkembangan pemuda dalam perspektif psikologi perkembangan memiliki ciri sebagai manusia yang matang yaitu :
1. berorientasi pada tugas
2. jelas tujuan hidupnya
3. mengendalikan perasaan pribadi/emphati
4. kritis dan kaya akan saran
5. berusaha mewujudkan keinginan pribadi
6. Penilaian diri yang realistis
Peran Pemuda Masa Depan
• Memperhatikan peran-peran sejarah yang pernah dilakukan para pemuda di berbagai bangsa dan ideologi, nampak adanya hukum alam (sunnatullah) yang harus diperhatikan oleh bangsa Indonesia jika ingin bangkit depan, bahwa mereka harus mengoptimalkan potensi pemuda yang mereka miliki.
• Sebaliknya para pemuda hendaknya selalu mempersiapkan diri agar dapat memenuhi panggilan tugas dari bangsanya untuk menggapai cita-citanya.
• Ruang lingkup peran pemuda di masa depan tidaklah jaun dari satu kata kunci yang melegenda, yakni: KEPELOPORAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar